Pada dasarnya semua kegiatan belajar mengajar di Bimba Rainbow Kids Ngaliyan dilakukan dengan metode individual atau privat dengan jumlah siswa maksimal 4 orang per pengajar. Namun di Bimba Rainbow Kids Ngaliyan dilakukan dengan dua cara berbeda yaitu:

1. Privat di Rumah (Homeschooling)

Yaitu kegiatan belajar mengajar secara privat  yang dilakukan oleh pengajar Bimba Rainbow Kids dengan cara mengunjungi anak didik di rumah masing-masing. 

Kegiatan belajar mengajar dilakukan setiap hari jam 08:00 sd 12:00 WIB. Masing-masing siswa belajar selama satu jam setiap kali pertemuan, tiga kali seminggu.




Kelas privat bisa dilakukan dengan satu orang siswa atau lebih, bilamana ada siswa lain yang domisilinya dekat dan memungkinkan untuk digabung. Walaupun biasanya hanya satu siswa saja dalam sekali kunjungan, namun kami menetapkan maksimal jumlah siswa yang bisa ditangani dengan metode ini adalah 4 (empat) orang per pengajar. Hal ini dikarenakan kami mempertimbangkan efisiensi kegiatan belajar mengajar baik dari sisi waktu, biaya transportasi, dan efektifitas kegiatan belajar.  


2. Privat di Bimba Rainbow Kids, Ngaliyan

Kelas privat ini dilakukan di alamat Bimba Rainbow Kids, Jl. Panembahan Senopati No.270, Ngaliyan, Semarang. Siswa diantar ke alamat sesuai dengan jadwal belajar yaitu: 

Hari Senin, Rabu, dan Jum'at,  kelas pertama jam 13:00-14:00, kelas kedua jam 14:00-15:00. 


Ketentuan lainnya sama dengan privat di rumah, namun pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan  di alamat Bimba Rainbow Kids, anak-anak juga berkesempatan untuk bermain bersama dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.